File Transfer Protocol


Kali saya akan membahas sesuatu yang sangat berhubungan erat dengan internet.Pasti teman-teman sekalian sudah sangat familiar dengan istilah internet bukan???????????(sori tanda tanyanya kepanjangan,soalnya keyboard saya agak rusak ni,he..he..he..).Di tulisan ini saya tidak akan membahas apa itu internet,tapi saya akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan internet.
Selaku pengguna internet kalian tentu pernah mendownload atau mengunduh file dari pc atau leptop kalian bukan???????????(keceplosan lagi tanda tanyanya).baiklah daripada kita berlama-lama membahas hal yang ga penting lang sung saja saya coba jabarkan,FTP adalah satusalah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.

FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.

FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Baiklah sekian dulu tulisan dari saya hari ini semoga dapat membantu manteman sekalian .
Jah bless us.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar